30 March 2013

Bersyukur menjadi karyawan

Menjadi pekerja atau karyawan butuh kesabaran ! Juragan lebih berkuasa !
Karyawan, buruh, pekerja, pegawai, labour atau apalah namanya adalah mereka yang mengabdikan diri pada juragan baik secara formal maupun informal maupun disebut profesional maupun amatir.

Apalah sebutan itu, maknanya sama, Anda bekerja pada seorang juragan.

Pekerjaan Anda dihargai oleh juragan Anda dengan imbalan, entah bernama gaji, honor, tips atau apalah istilahnya, intinya Anda dibayar.

Dalam perkembangannya, Anda yang tadinya mengabdi pada seorang juragan kemudian berkembang terus ke arah yang lebih baik.

Ada aturan yang mengikat antara Anda sebagai pekerja maupun Anda sebagai juragan.

Aturan-aturan itu banyak yang melindungi pekerja sehingga mereka nyaman bekerja di tempat kerja dimana juragan membuka usaha.

Anda mendapat santunan, bonus, biaya kesehatan, biaya melahirkan, cuti haid, cuti tahunan, cuti bersama, biaya kacamata, libur sabtu minggu, mendapat THR dan sebagainya, intinya Anda diminta untuk nyaman selama bekerja dan tidak memikirkan hal lain selain fokus pada pekerjaan Anda.

Nah dengan keadaan itu, dengan perkembangan jaman, banyaknya konpleksitas yang muncul sehubungan dengan ikatan kerja antara Anda dan juragan Anda.

Friksi yang muncul kemudian timbul demo menuntut kenaikan gaji, menuntut tunjangan THR dan sebagainya.

Apalah itu, sebaiknya dimaknai sebagai sesuatu yang positif. Mungkin juragan Anda marah ketika Anda menuntut, apalah tuntutannya, entah naik gaji atau yang lain. Kemarahan juragan tidak salah. Kemarahan itu adalah isyarat pada Anda bahwa enggak mudah memutar duit supaya Anda tetap bekerja dengan gaji yang sekarang.

Dilain pihak tuntutan Anda normatif, dengan kenaikan inflasi dan sebagainya, banyak kebutuhan hidup yang tidak terpenuhi dengan gaji Anda sekarang. Dan Anda juga enggak salah melakukan tuntutan.

Hidup ini tetap persoalan, namun dengan dua sisi persoalan itu, ambillah jalan tengah. Juragan Anda tidak keberatan dengan kenaikan gaji Anda dan Anda juga terpenuhi kebutuhan hidup Anda walupun tidak penuh.

Di dalam budaya Jawa ada istilah "nerimo", artinya menerima keadaan. Keadaan apapun yang Anda hadapi Insyaallah Ada Jalan !

Referensikan Blog Ini dengan nama domain : www.kisahhidupiw.blogspot.com