19 February 2013

Belajar SEO dari A sampai Z untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog

Buku belajar SEO
SEO ? apaan tuh ? sama kayak CEO atau Chief Executive Officer ? Wishnutama khan dulu menyandang gelar CEO. Sekarang Owner. Meningkat status Wishnutama ! Daripada jadi JONGOS lebih baik jadi OWNER meskipun usaha kecil kayak Warung Siomay IW tapi punya sendiri !

Kembali ke SEO ! He he he he. SEO itu kepanjangannya adalah Search Engine Optimization atau diartikan sebagai Optimalisasi Mesin Pencari.

Tadinya Redaksi tidak mengenal apa itu SEO sehingga ketika kita posting dengan tulisan yang "biasa" kita pakai sehari-hari, hasilnya nggak optimal. Pengunjung blog masih sedikit. Antara 100 hingga 200 pengunjung per hari.

Akhirnya IW menganjurkan pada Redaksi untuk bisa mengoptimalkan SEO. Artinya pemilihan huruf dan kata, penting di internet, karena huruf atau kata itu bakal di cari oleh robot mesin pencari.

Dengan banyaknya situs atau web atau blog yang ada di internet, mesin pencari akan bekerja extra berat, menyeleksi huruf atau kata dengan akurasi yang sangat tinggi di web atau situs atau blog.

Tuntutan akurasi itu penting karena menjadi tolok ukur bagaimana ketepatan kualitas mesin pencari sebuah penyelenggara Search Engine seperti Google.

Yang penting, gampangannya, gunakan judul yang lagi trend hari itu. Misalnya tentang penangkapan Raffi Ahmad, maka tulis posting kata dengan kata Raffi Ahmad sebanyak mungkin agar mesin pencari memilih posting Anda.

Judul, jangan pakai judul pendek, karena akan menyulitkan mesin pencari. Buatlah judul yang panjang, maksudnya kalau ada yang mencari dengan kata yang sedikit paling tidak ada kata dalam judul posting Anda yang nyangkut di mesin pencari. Toh menulis judul yang panjang-panjang juga nggak dilarang khan !

Judul yang panjang sangat menguntungkan daripada judul postingan yang pendek-pendek.

Jangan ada salah ketik. Karena dengan salah ketik, mesin pencari nggak ngerti dengan maksud kata itu dan harus memproses pencarian huruf atau kata menjadi lebih lama lagi. Nah kalau lama, maka kata yang salah itu bakal diabaikan oleh mesin pencari, rugi khan kalau diabaikan oleh mesin pencari.

Intinya, belajar SEO itu mudah, tinggal Anda buat bagaimana supaya huruf atau kata yang bakal dicari oleh mesin pencari, mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Menyebut huruf atau kata yang populer berulang-ulang pada posting Anda, nggak apa-apa, yang pusing khan yang baca, tetapi mesin pencarinya nggak pusing kok. Justru mesin pencari senang karena akurasinya menjadi semakin tinggi dan tepat padahal hasilnya hanya trik kita aja. He he he

Jadi begitu kalau mau meningkatkan jumlah pengunjung di situs atau web atau blog Anda. Blog ini sebenarnya jumlah page viewer nya lebih dari angka yang tertera di halaman blog ini.

Jumlah angka yang hilang dari angka page viewer nya sekitar 156.841 page viewer ! Kenapa ?

Ketika terjadi penangkapan terhadap IW pada 13.12.2008 kemudian ada penangguhan penahanan, blog ini sempat vakum.

Trik kita agar IW terbebas dari tuntutan hukum, kita buat blog baru. Dan blog lama kita hapus. Tetapi domain blog baru masih tetap sama. Nggak berubah.

Nah blog lama yang dibuat sejak 28.8.2008 dan sudah dihapus, sudah memiliki angka page viewer sebesar 156.841 sehingga total page viewer yang ada di domain ini berjumlah 156.841 ditambah dengan angka page viewer yang ada di blog ini sekarang ! Lumayan khan !

Referensikan Blog Ini dengan nama domain : www.kisahhidupiw.blogspot.com