09 June 2012

Toko Online


Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan hidup.Sarana yang tadinya hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu,sekarang sudah merambah kemana-mana.

Mulai daerah yang berpenduduk besar sampai ke pelosok pedesaan.

Dunia maya sudah benar-benar terwujud.Tidak ada yang dapat menyangka dengan berkembangnya internet hingga ke pelosok pedesaan,semua bisa diatasi dengan fasilitas yang ada didunia maya.

Kreatifitas pengguna internet juga berkembang sedemikian rupa seperti pada pelayanan online misalnya toko online.Dengan fasilitas toko online itu kita dapat berbelanja dengan mudah.Tinggal pesan,transfer,tunggu kiriman dan terima barang.

Bagaimana IW juga memanfaatkan toko online tersebut dalam kehidupannya?Mari kita simak wawancara dengan IW yang bisnisnya juga memanfaatkan toko online.

Tanya: Mas lagi ngapain nich...

Jawab: Hai...nich lagi nyervis laptop...buset susah banget...

Tanya: Apanya yang susah Mas?Khan Mas itu canggih.Apa saja bisa diatasi...gitu aja kok susah...

Jawab: He he he emang Suparman apa?Bisa terbang juga?

Tanya: Ha ha ha ha tokoh baru ya Mas?Suparman?Ha ha ha ha ya Mas cuman kurang satu aja kemampuannya...

Jawab: Apa?

Tanya: Ya itu tadi belum bisa terbang...

Jawab: Siapa bilang nggak bisa terbang?

Tanya: Eh emang bisa terbang?Gimana coba?

Jawab: Kemarin tengah malam saya semedi sebentar terus terbang ke Jakarta pesan keyboard laptop...

Tanya: Terbang ke Jakarta?Pake apa?Bouroq?Ha ha ha ngibul ya...

Jawab: Bener ini.Saya terbang pake maskapai super cepat loh...

Tanya: Apa coba kalau nggak ngibul....

Jawab:Pake Inter Airline....

Tanya: Apaan Inter Air Line?Maskapai baru?Ntar jangan pesan Sukhoi...jatuh nti...

Jawab: Nggak pake pesawat...pake laptop...internet gitu loh...udik banget orang Jakarta...Jakarta nya dimana sih Mas?Kampung Condet?Ha ha ha ha

Tanya: Ha ha ha ha jangan ngejek dong...kita Betawi udah maju Mas...

Jawab: Percaya deh...memang Betawi kadang jadi icon orang terpinggirkan di Jakarta yang maju pesat sekarang ini...

Tanya: Begitulah Mas,ngomong-ngomong soal terbang tadi gimana?

Jawab: Nich saya dapat masalah.Ada orang minta tolong laptopnya mau diservice,masalahnya nggak mau hidup.Tadinya cuman adaptornya mati.Setelah saya perbaiki eh laptopnya juga ngadat nggak mau nyala.

Tanya: Terus....

Jawab: Ternyata prosesornya hang...kerjain dulu yang hang terus sudah bisa tapi ternyata yang bikin hang itu karena keyboardnya korslet.Jadi mesti ganti tuh keyboard.Pusingnya saya khan di kampung nun jauh dari toko sparepart laptop jadi dimana belinya coba...

Tanya: Pake toko online aja Mas...

Jawab: Itulah yang saya lakukan sekarang.Kontak dengan toko online tanya punya barang ini nggak?Kalau ada berapa harganya terus berapa biaya kirimnya.

Tanya: Terus dapat Mas?

Jawab: Dapet sih...ni udah pesan...

Tanya: Kapan datangnya?

Jawab: Katanya sih 2 sampe 3 hari pake Tiki JNE

Tanya: Oke harganya berapa Mas?

Jawab: Ada deh....

Tanya: Ha ha ha nggak mau kasih tahu....kalau semua biaya servicenya berapa itu Mas?

Jawab: Saya charge sekitar 450 ribu.Kata Bapaknya yang punya laptop itu, ni laptop baru rusak...katanya sih...

Tanya: Terus kata yang punya laptop?

Jawab: Begini.Saya khan ndah nunggu kiriman paket keyboard.Setelah datang paket itu saya pasang di laptop.Sudah oke terus diambil sama anaknya yang punya laptop.Cewek sih...cakep lagi...

Tanya: Demen ya ama yang cakep-cakep gitu.....ha ha ha ha dasar mantan Playboy...

Jawab: Wuih saya jangan dicap mantan Playboy...Playboy tetap Playboy...forever gitu...

Tanya: Ha ha ha bisa aja.Terus...

Jawab: Nah setelah lihat laptop dia...terus cewek itu langsung dengan gembiranya mencoba laptop itu.Dia bilang begini "aduh kangennya...ini laptop udah 1 1/2 tahun mati loh Pak...dulu saya tanya ongkos memperbaikinya 1,5 juta.Katanya motherboardnya rusak mesti ganti"...

Tanya: Nah kemurahan dong Mas charge service laptopnya....ha ha ha ha

Jawab: He he he nggak gitu.Bapaknya cewek itu kok ya ngebohongi saya.Katanya baru rusak.Buset kena kibul saya...

Tanya: Ha ha ha ha.Terus....

Jawab: Yah nggak apa-apa sih...pengalaman...yang penting customer puas dengan layanan kita...rejeki mah nggak akan kemana ya nggak....

Tanya: Oke terus...

Jawab: Cewek itu kemudian memeluk laptop itu...sambil tanya berapa kekurangan biaya servicenya...dia bengong-bengong kalau ongkosnya cuman 450 ribu...

Tanya: Ha ha ha ha by the way ngomong-ngomong soal bisnis service Mas...kenapa nggak dibuat seperti toko Online Mas?

Jawab: Itulah...saya kok terpikir bikin service online...jadi barangnya dikirim ke saya terus saya cek...sebut biaya berapa kasih forsekot transfer terus saya kerjain terus bayar penuh transfer terus saya kirim balik barangnya...

Tanya: Tapi ruwet juga Mas...barang yang diservice khan besar-besar macam TV jadul gitu....

Jawab: Emang itu yang lagi saya lagi pikirin...agak ruwet sih...padahal kalau mau,oke punya tuh...

Tanya: Itu baru TV jadul...klu mesin cuci mau diservice gimana dong ngirimnya?

Jawab: Ha ha ha ha digepengin dulu...

Tanya: Emang bisa?Ha ha ha ha mesin cuci digepengin ntar gimana nyervisnya?

Jawab: Ah udah deh pusing...nanti yang online cuman yang kecil-kecil aja size nya...kayak laptop,hape,smartphone,tablet,PLC gitu...

Tanya: PLC itu apaan Mas?

Jawab: Oh itu komputer buat mesin pabrik.Biasanya dipakai untuk memprogram sebuah mesin supaya bergerak.PLC itu kepanjangannya ya Proggramable Logic Control...

Tanya: Mas bisa perbaiki?

Jawab: Insyaallah bisa.Apa ajalah.Semua peralatan elektronik juga bisa.Elektronik pesawat Sukhoi juga bisa...

Tanya: Ha ha ha ha gile bener...hebat Mas...

Jawab: Yah apa aja yang bisa saya kerjakan ya saya kerjakan...pokoknya halal buat makan anak istri dirumah biar barokah hidupnya...

Tanya: Gitu ya Mas...berat juga hidup Mas...tapi hebat bisa bertahan hidup mulai dizalimi tahun 2006 hingga sekarang...apa resepnya Mas?

Jawab: Sabar....

Tanya: Kata Ustad khan....

Jawab: Yoi...referensi kita supaya bertahan hidup itu harus banyak belajar dari pengalaman orang lain.Kayak di blog ini.Kalau kita mau berkaca dengan persoalan saya...kalau ada yang baik ya diambil...kalau ada yang jelek ya lempar aja ke sungai...gitu aja kok repot...

Tanya: Hidup nggak sesulit yang dibayangkan Mas?

Jawab: Iya.Daripada kita membayangkan kesulitan yang dihadapi...mending kita lakukan yang terbaik aja...

Tanya: Terus ini ada kiriman foto soal aktifitas mengecat kulkas...apaan nich...Mas juga terima pengecatan kulkas?

Jawab: Yoi.Saya buka usaha baru.Pengecatan kulkas.Bahasa kerennya rekondisi.Jadi kalau kita punya kulkas yang ndah jadul.Bosen dengan warnanya yang kusam karatan gitu...punya duit...mau direkondisi...datang aja ke tempat saya...nti tak rekondisi jadi baru lagi....

Tanya: Cuman kulkas?

Jawab: Nggak sih...banyak...bisa mesin cuci juga...

Tanya: Ngirimnya nggak pake digepengin dulu yah....ha ha ha

Jawab: Nggak lah...belum online...

Tanya: Difoto itu ada BB Mas juga khan?Tuh BB asli Mas...Curve khan?

Jawab: Yoi kenapa?

Tanya: Gile...tukang service mainannya BB loh...Angelina Sondakh aja nggak punya...kalah dong ama Mas...

Jawab: Ha ha ha ha ha ha bohong aja dia....

Tanya: Oke deh Mas...lumayan juga obrolan kita kali ini.Lebih berbobot daripada cuman dibilang menjelek-jelekkan....baik Mas kita sudahi dulu perbincangan kali ini...kita sambung lagi lain waktu....semoga pembaca blog dapat memetik hikmah atas pengalaman IW yang ada di blog ini.Bye.....