11 June 2012

CT Mo Jadi RI 1

VIVAnews - Tiga nama tokoh nasional disebut-sebut sedang dilirik Partai Demokrat untuk menjadi calon presiden 2014. Tiga nama itu yakni Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan pengusaha Chairul Tanjung.

Djoko Suyanto menanggapi dengan santai soal kabar ini. Mantan Panglima TNI itu mengaku lebih memilih untuk pensiun ketimbang maju dalam bursa calon presiden 2014. "Pensiun, momong cucu, nyenengin keluarga," kata Djoko kepada VIVAnews.

Lalu bagaimana dengan Chairul Tanjung, pengusaha dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) itu?  Chairul tidak menanggapi serius  kabar yang beredar itu. "Hari gini masih ngomongin Capres," kata Chairul Tanjung di acara "12th Annual Citi Indonesia Economic and Political Outlook Seminar "Indonesia 2012: Surfing in the Middle of the Tide, Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu 11 April 2012.

Akan halnya Dahlan Iskan. Kabar dicapreskan itu juga sudah lama. Tapi bagi Dahlan, suara-suara yang menginginkan dirinya menjadi presiden sangat berbahaya, terutama bagi dirinya sendiri. 

"Saya khawatir terjebak. Nanti ada yang mengatakan bahwa kerja keras Dahlan selama ini ada maksudnya," kata Dahlan dalam diskusi buku di Kompas Gramedia Fair, Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Karena itu, Dahlan enggan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar calon presiden itu. "Nanti mengganggu keikhlasan saya dan saya tidak mau terprovokasi. Saya tidak ingin melibatkan diri agar bisa bekerja maksimum tanpa diganggu," kata dia.

Menurut Wakil Ketua Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana bila saatnya tiba, dia akan mengusulkan enam nama untuk calon presiden. Sutan akan mengusulkan tiga nama dari luar Demokrat, dan tiga nama kader partai.

Apakah termasuk nama Dahlan, Chairul Tanjung, dan Djoko Suyanto? "Tiga nama itu menarik dan cukup untuk dijual. Tapi belum tentu mereka, karena survei belum jalan," kata Sutan di gedung DPR, Jakarta, Rabu 11 April 2012.

Kendati begitu, bagi Sutan saat ini Demokrat masih disibukkan dengan kerja untuk rakyat. Demokrat, kata dia, belum saatnya memikirkan soal calon presiden 2014.